Apakah Salah Kemajuan Zaman Karena Teknologi?


Sumber Gambar :Google


Selamat sore
Hembusan angin sore memberikan rasa ingin menorehkan catatan sebagai kehangatan.
Musim hujan yang datang ini lebih nikmat kalau ditemani bersama segelas kopi bersama gorengan dan juga bercengkerama bersama keluarga tercinta. Wah, kehangatannya pasti lebih double. Hehe..

Lama nih tak bersua, hanya nulis puisi terasa bosan. Karena, tak ada apa-apanya juga. Berbeda dengan kita menuliskan suatu peristiwa baik yang kita alami atau yang orang lain alami (lalu kita menuliskannya)  atau berbagi pemikiran dan opini kita tentang kehidupan ini.


Yap, kita hadir atau hidup di zaman yang serba canggih, serba teknologi, dan serba praktis. Namun, banyaklah kekurangan/kemudharatan dari adanya kemudahan tersebut selain kemajuan yang kita dapat.
Semakin hari kita seakan dimanjakan teknologi, dibius oleh kecanggihan yang menjadi-jadi, seakan-akan hidup ini hanya bermodalkan materi maka kehidupan ada di genggaman kita.

Apakah salah bila kehidupan ini berkembang pesat dengan Teknologi?

Permasalahannya bukan teknologi atau kemajuan zaman yang salah, namun kembali ke pribadi atau individu di zaman dan teknologi tersebut yang seakan terlena, terhipnotis akan keindahan dunia fana.
Karena, toh banyak juga orang yang status sosialnya rendah (maaf bukan berarti merendahkan) terbuai ingin memiliki sebuah HP/barang mewah lainnya hingga akhirnya menghalalkan segala cara, sampai rela mendekam di penjara.
Juga, perampokan yang marak terjadi juga secara online tanpa perlu kita datangi rumah pemilik uang tersebut, kita cukup meretas kata sandinya saja dan sudah uang mengalir ke dalam rekening kita.

Kembali ke pertanyaan di atas, bukan zamannya yang salah, karena kehidupan terus berputar dan hanya akan berhenti ketika hari akhir tiba. Kitalah yang patut bermuhasabah/introspeksi diri dengan semakin canggihnya teknologi zaman ini.

Menurut pandangan saya, hal yang harus kita ubah atau kurangi dari kemajuan teknologi yaitu:

1. Jangan terlalu dimanjakan oleh Teknologi
Penjelasannya sederhana,  kita akan menjadi lebih malas mengerjakan sesuatu karena kemudahan tersebut. Buatlah kemajuan teknologi sebagai pendorong kita membuat hal baru yang bermanfaat.

2. Gunakan Teknologi yang maju dengan baik dan benar
Janganlah merugikan orang lain, contoh kasusnya mungkin di sosial media kita harus bertutur atau beretika yang baik.

3. Jangan buang waktu berharga anda
Jadikan hidup anda lebih bermanfaat dengan bermuamalah/beraktivitas di dunia nyata bukan sebaliknya. Mulailah menyapa dunia sekitar anda!

4. Kurangi kebiasaan buruk dari teknologi
Seperti halnya menghamburkan uang biaya listrik karena digunakan secara terus-menerus, akan lebih baik bila kita berhemat.

5. Mulailah dari sekarang juga!
Nah, poin terakhir yuk kita mulai berbenah dan aplikasikan.
Hari esok yang lebih baik kitalah sendiri yang merancang dan kita pula yang menikmatinya.
Jangan terlalu diambil pusing dengan kemajuan teknologi ini. Ambil hikmah dan sisi positif dari hadirnya teknologi. Tanpa adanya teknologi, kita tak akan dapat menjalankan kehidupan di dunia ini (meskipun masih dapat dengan cara tradisional).


So, setelah adanya teknologi bukan berarti kita malah jadi lalai. Tapi kita harus lebih baik lagi dari sebelumnya. Karena kemudahan yang ditawarkan, bukan malah dipersulit, hehehe..


Sekian celotehan dari saya. Bukan bermaksud menggurui, karena apalah daya saya. Ilmu pun tak cukup, masih perlu digali.
Semoga bisa diambil sisi positifnya dan buang sisi negatifnya.
Dadah...

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Apakah Salah Kemajuan Zaman Karena Teknologi? "

  1. sepakat dengan pandangan serta ajakan mang admin pada penghadapan kita pada Teknologi, perlu ditambahkan untuk kita justru semakin mendekatkan diri kita kepada sang maha Pencipta nan Agung menghadapinya...pasti semua bereskalau kita kembali kepada-Nya mah...deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ada Mang Lembu nih, benar banget mang, saya setuju dengan tambahannya. Kita sebagai makhluk yang menciptakan Teknologi atau pengguna Teknologi itu sendiri harus berterima kasih pada Yang Memberikan kita pemahaman Teknologi yakni Sang Pencipta.
      Terima kasih telah berkenan mampir..

      Hapus

Silakan berikan tanggapan mengenai postingan di atas.
Gunakan tutur kata yang baik dan sopan.

Komentar anda menambah semangat saya untuk terus ngeblog.